RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Sukatani
Program keahlian : Teknik Pemesinan
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 12 jam @ 45 menit
Standar Kompetensi : Mengelas dengan busur metal manual
Kode Kompetensi : 014-KK-Mulok
Kompetensi Dasar : Pemilihan pengesetan mesin las dan elektroda
Indikator : 1. Mengidentifikasi mesin las berdasarkan prosedur
pengelasan yang sudah ditentukan.
2. Mengidentifikasi Elektroda berdasarkan prosedur pengelasan
yang sudah ditentukan. dan spesifikasi dan/atau gambar –
gambar teknik..
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah menyelesaikan materi Pemilihan pengesetan mesin las dan elektroda siswa
dapat Mengidentifikasi mesin las berdasarkan prosedur pengelasan yang telah
ditentukan..
2. Setelah menyelesaikan materi Pemilihan pengesetan mesin las dan elektroda siswa
dapat Mengidentifikasi Elektroda berdasarkan prosedur pengelasan yang telah
ditentukan dan spesifikasi dan / atau gambar – gambar teknik.
II. Materi Pembelajaran :
1. Identifikasi Mesin las
2. Identifikasi Elektroda
III. Metode Pembelajaran :
1. Penyampaian Materi / Ceramah
2. Demonstrasi
3. Tanya Jawab
4. Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1.. Kegiatan Awal ( 15 menit )
· Persiapan bahan ajar : Modul
· Menjelaskan tujuan materi pelajaran mengenai hal – hal yang harus dikuasai oleh siswa.
· Memotivasi siswa untuk mempelajari bahan ajar dengan baik.
· Membagi kelompok diskusi
2. Kegiatan inti ( 5 X 45 menit )
a. Eksplorasi
· Memberikan pemahaman tentang identifikasi mesin las dan elektroda
· Memberikan pemahaman tentang pemilihan jenis dan ukuran elektroda
· Memberikan pemahaman tentang identifikasi karakteristik elektroda dan
Penggunaanya.
b. Elaborasi
· Mendiskusikan tentang Pemilihan jenis dan ukuran elektroda
· Mempresentasikan cara penggunaan mesin las dan elektroda
c. Konfirmasi
· Menyimpulkan tentang Identifikasi mesin las dan elektroda
3. Kegiatan Akhir [ 30 menit ]
a. Menyimak rangkuman materi tentang Identifikasi mesin las dan elektroda
b. Menyampaikan informasi tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan yang akan datang .
c. Postes tentang Prosedur pengelasan dan persiapan benda kerja
d. Penutupan Pembelajaran
V. Alat, Bahan dan Sumber Belajar :
1. Alat
a.Modul Mengelas dengan las busur metal manual
b.Buku-buku tentang Pengelasan
c.Mesin Las SMAW
d.OHP/LCD
e.Note Book/ Laptop
2. Bahan
a. Alat ukur presisi
b. Benda kerja
3. Sumber Belajar
a. Modul Mengelas dengan busur metal manual,
SMK NEGERI SUKATANI
VI, Penilaian :
Teknik : Tulis
Bentuk Instrumen : Essay
No
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Bobot
Nilai
|
Ket.
|
1
|
Sebutkan bagian – bagian Elektroda !
|
- Diameter Elektroda
- Tangkai Elektroda
- Kawat Inti
- Selaput/ Fluks
|
20
| |
2
|
Apa kepanjangan dari ASTM ?
|
American Society for Testing Materials
|
20
| |
3
|
Pengaturan besar dan kecil nya ampere pada mesin las bergantung pada ?
|
Palu terak, sikat kawat, alat penjepit, alat ukur, alat gambar dan alat – alat potong.
|
20
| |
4
|
Apa kepanjangan dari DCSP
dan jelaskan pengertiannya !
|
Direct Current Straight Polarity artinya adalah pengkutuban langsung dimana kutub positif ( + ) mesin las dihubungkan dengan benda kerja dan kutub negative ( - ) dihubungkan dengan kabel elektroda.
|
20
| |
5
|
Apa perbedaan Las AC
dengan Las DC ?
|
Perbedaanya adalah jika menggunakan mesin las AC lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan las DC
|
20
| |
Purwakarta, 17 Juni 2010
1. Apabila dibentuk kelompok DISKUSI maka, lembar pengamatan dibawah ini digunakan :
LEMBAR PENGAMATAN
No.
|
Nama Peserta
|
Aspek Penilaian
|
Total Skor
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
1.
| ||||||
2.
| ||||||
3.
| ||||||
4.
| ||||||
5.
| ||||||
6.
| ||||||
7.
| ||||||
8.
| ||||||
9
| ||||||
10
| ||||||
11
| ||||||
12
| ||||||
13
| ||||||
14
| ||||||
15
| ||||||
16
| ||||||
17
| ||||||
18
| ||||||
19
| ||||||
20
| ||||||
21
| ||||||
22
| ||||||
23
| ||||||
24
| ||||||
25
| ||||||
26
| ||||||
27
|
Aspek Penilaian :
|
1. Kesesuaian materi
|
2. Kerjasama
| |
3. Kemampuan berkomunikasi
| |
4. Kemampuan beradaptasi dalam kelompok
| |
Kriteria penskoran :
Angka 3 : baik – aktif/logis rasional
Angka 2 : cukup
Angka 1 : kurang
Skor : Skor yang diperoleh x nilai maksimal = 100
skor maksimal
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK
No.
|
Komponen/Subkomponen Penilaian
|
Pencapaian Kompetensi
| |||
Tidak
|
Ya
| ||||
7,0-7,9
|
8,0-8,9
|
9,0-10
| |||
I
|
Persiapan Kerja
1.1 Memahami POS / Perintah kerja
| ||||
1.2 Menyiapkan alat dan bahan
| |||||
Skor Komponen :
| |||||
II
|
Proses (Sistematika & Cara Kerja)
Bagian-bagian mesin Las
| ||||
Prinsip kerja mesin Las
| |||||
Fungsi bagian-bagian mesin Las
| |||||
Skor Komponen
| |||||
III
|
Hasil Kerja
| ||||
3.1. Posisi material pengelasan sesuai POS
| |||||
Skor Komponen
| |||||
IV
|
Sikap Kerja
| ||||
4.1 Penggunaan alat
| |||||
Skor Komponen
| |||||
V
|
Waktu
| ||||
Skor Komponen
|
Keterangan :
• Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian.
KRITERIA PENILAIAN
PRAKTIK KEJURUAN
NO.
|
Komponen/Subkomponen
Penilaian
|
Indikator
|
Skor
|
I
|
Persiapan Kerja
1.1. Memahami POS/Perintah kerja
|
• POS dibaca, dipahami dan dilaksanakan
• POS dibaca dan dipahami
• POS dibaca
• POS tidak dibaca
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
|
1.2 Menyiapkan alat dan bahan
|
• Alat bahan disiapkan sebelumnya
• Alat bahan disiapkan pada saat
pelaksanaan
• Alat bahan disiapkan
• Alat bahan tidak disiapkan
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
| |
II
|
Proses (Sistematika & Cara
Kerja)
2.1 Bagian-bagian mesin Las
|
• Bagian – bagian mesin las dapat diketahui
• Ampere pengelasan ditentukan
• Jarak benda kerja dapat ditentukan
• Bagian – bagian mesin las tidak diketahui
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
|
2.2 Prinsip kerja mesin Las
|
• Prinsip kerja mesin Las dapat diketahui
• Perawatan mesin las dapat ditentukan
• Jenis elektroda dapat ditentukan
• Prinsip kerja mesin Las tidak diketahui
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
| |
2.3. Fungsi bagian-bagian mesin Las
|
• Fungsi bagian - bagian mesin Las dapat diketahui
• Perawatan mesin las dapat ditentukan
• Jenis elektroda dapat ditentukan
• Prinsip kerja mesin Las tidak diketahui
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
| |
III
|
Hasil Kerja
3.1. Posisi material pengelasan sesuai POS
|
• tepat posisi dan serasi sesuai Pos
• Prosedur persiapan material sesuai ISO
• Tergambar lengkap
• Prosedur persiapan material tidak sesuai ISO
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
|
IV
|
Sikap Kerja
4.1 Penggunaan alat
|
• Penggunaan alat yang tepat, optimal, sesuai prosedur
• Penggunaan alat yang tepat, optimal
• Penggunaan alat yang tepat
• Penggunaan alat yang tidak tepat
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
|
V
|
Waktu
|
Lebih cepat 30 menit
Lebih cepat 15 menit
Tepat waktu
Tidak tepat waktu
|
9,0-10
8,0-8,9
7,0-7,9
0,0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar