Cari Blog Ini

Selasa, 29 Januari 2013

UJIAN NASIONAL (UN) SMK 2013 DI UJUNG MATA

Setiap akhir tahun pendidikan terutama untuk siswa-siswa SMK telah di hadapkan dengan berbagai kegiatan dan persiapan yang menguras berbagai sektor dan penyelenggaran pendidikan menengah kejuruan. Kurikulum di Indonesia khususnya di wilayah jawa barat, sejalah dengan adanya perubahan kurikulum dan pemangkasan mata pelajaran atau standar kompeteni dan kompetensi keahlian memang sangat membebankan bagi siswa. Di satu satu sisi siswa SMK di didik mulai dari Aspek : Sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor). Juga di tambah lagi dengan pendidikan karakter yang sudah terimasuk di dalamnya pendidikan sikap (perilaku).
Kebutuhan akan pendidikan (need education) bagi masyarakat sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang utama dan pertama sebagai modal bekal untuk kehidupan dan kesejahteraan. Walaupun pada kenyataannya masih banyak yang belum tersentuh baik oleh pemerintah maupun masyarakat yang peduli dengan pendidikan. Berdasarkan tuntutan undang-undang bahwa: Pendidikan adalah tanggung jawab bersama keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Realisasi dari undang undang tersebut sudah bnayak di laksanakan, namun belum ada pemerataan yang berkeadilan. Terutama bagi maysarakat yan kurang mampu masuk sekolah itu menjadi beban berat, bukan lagi kebutuhan yang seharusnya terpenuihio.
Program Pemerintah baik dari pusat maupun daerah sudah meluncurkan kebijakan dengan pendidikan dasar 9 tahun, dan tahun sekarang akan dilanjutkan ke level lebih tinggi dengan program dikdas 12 tahun yang artinya sampai tingkat SLTA.
Dengan program dikdas 12 tahun bukan berarti pendidikan semuanya gratis, tapi memang harus ada shearing  karena sesuai undang-undang peran keluarga juga sangat menentukan arah pendidikan yang di embannya. Pemerataan pelayanan pendidikan di kita masih belum mencapai harapan, pelayanan minimal yang diselenggarakan penyelenggara pendidikan baik negeri maupun swasta masih belum maksimal.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Bidang Studi Keahlian yang beragam dan program keahlian yang disesuaikan dengan kondisi daerah penyelenggara dalam rangka mengangkat dan menggali potensi-potensi yang ada di tiap daerah sebagai kekuatan dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan yang di barengi oleh kepedulian dan sinkronisasi dengan steak holder yang sesuai, antara dunia usaha dan dunia Industri sebagai link untuk pengembangan berikutnya.
Ujian Nasional 2012/2013 untuk SMK sudah di depan mata, maka perlu di siapkan program-program teknis yang perlu di informasikan kepada siswa SMK, antara lain :
1. Jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan oleh siswa kelas XII
2. Efektivitas Kegiatan Belajar mengajar
3. Verifikasi nilai mulai semester I sampai semester V 
4. Periapan Ujian Sekolah (Teori dan Praktek)
5. Persiapan Ujian Nasional (Uji Kompetensi Kejuruan Teori dan Praktek)
6. UN Final

Sekolah Penyelenggara harus mempersiapkan :


Info lebih lanjut atau saran dan pesan bahkan tulisan kirim ke:
email : smkn.sukatani@yahoo.com dan smk_pwk@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar